Home » , , » Profil Timnas Yunani - Euro 2012

Profil Timnas Yunani - Euro 2012

Written By Admin on Thursday, June 7, 2012 | 10:59 AM


The Pirate Ship sedang memulai babak baru setelah era Otto Rehhagel berakhir dua tahun lalu. Semua orang tahu, Rehhagel adalah arsitek yang telah menyulap Yunani menjadi lebih disegani di Eropa ketika mereka memenangi Piala Eropa 2004.



Setelah itu Yunani di tangan Rehhagel hanya satu kali absen di turnamen besar, yakni di Piala Dunia 2006. Meski demikian, mereka tak lagi membuat kejutan, selalu kandas di babak pertama baik di Euro 2008 maupun Piala Dunia 2010.

Negeri para dewa--julukan Yunani--sekarang dikendalikan oleh seorang Portugal bernama Fernando Santos. Ketika Rehhagel pergi seusai Piala Dunia 2010, Santos dipandang sebagai sosok paling ideal untuk menggantikan pelatih legendaris Jerman itu.
Santos sudah sangat hafal sepakbola Yunani karena pernah melatih tiga klub besar negara tersebut: AEK Athena, Panathinaikos, dan PAOK. Meski begitu ia hanya punya satu trofi di Yunani, yakni Piala Liga di tahun 2002 bersama AEK.
Di babak kualifikasi Piala Eropa 2012 Yunani berada di grup yang relatif "aman" karena secara kualitas masih di atas Israel, Latvia, Georgia, dan Malta. Saingan mereka cuma tim kuat dari Eropa timur, Kroasia.
Dipimpin kapten Giorgios Karagounis, Yunani menyelesaikan kualifikasi tanpa terkalahkan, dan menang dua poin dalam persaingannya dengan Kroasia untuk merebutkan status juara grup untuk lolos otomatis ke Polandia-Ukraina.
Untuk sebuah tim yang tak punya banyak pemain besar, mereka selalu mengandalkan kerja sama tim (team work). Itulah yang akan dilakukan Santos bersama pasukannya nanti. Sedikit beruntung, di putaran final ini mereka satu grup dengan Polandia, Rusia dan Republik Ceko, yang kekuatannya relatif berimbang.
Berikut skuad resmi Timnas Yunani di EURO 2012:
Penjaga gawang:
Costas Chalkias (PAOK Salonica), Michalis Sifakis (Aris Salonica), Alexis Tzorvas (Palermo).
Belakang: Avraam Papadopoulos (Olympiakos Pireaus), Sokratis Papastathopoulos (Werder Bremen), Vassilis Torosidis (Olympiakos Pireaus), Jose Holebas (Olympiakos Pireaus), Stelios Malezas (PAOK Salonica), Yiannis Maniatis (Olympiakos Pireaus), Giorgos Tzavellas (Monaco), Kyriakos Papadopoulos (Schalke).

Tengah: Yiannis Fetfatzidis (Olympiakos Pireaus), Grigoris Makos (AEK Athens), Costas Katsouranis (Panathinaikos), Giorgos Fotakis (PAOK Salonica), Costas Fortounis (Kaiserslautern), Giorgos Karagounis (Panathinaikos), Sotiris Ninis (Panathinaikos).

Depan: Giorgos Samaras (Celtic), Dimitris Salpigidis (PAOK Salonica), Costas Mitroglou (Olympiakos Pireaus), Nikos Liberopoulos (AEK Athens), Fanis Gekas (Samsunspor)

 
Prestasi:
EURO:

Juara (1x): tahun 2004

 
Pelatih: Fernando Santos


Kapten: Giorgos Karagounis (Panathinaikos)


Ranking FIFA: peringkat 14 (di rilis Mei 2012)
Website: http://www.epo.gr
E-mail: epo@epo.gr
Rata-rata usia pemain: 28,36 tahun
 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komenter disini gan mumpung masih gratis... wekekekke :D