Home » , , » Profil Timnas Swedia - Euro 2012

Profil Timnas Swedia - Euro 2012

Written By Admin on Thursday, June 7, 2012 | 11:03 AM

Swedia pernah memiliki prestasi tinggi di masa lalu. Pada 1950-an, Swedia menjadi salah satu tim elite karena memiliki trio Gre-No-Li. Mereka tak lain adalah trio Gunnar Gren, Gunnar Nordahl dan Nils Liedholm yang melegenda bersama AC Milan. Tak hanya itu. Swedia juga mengukir prestasi dengan menjadi runners-up Piala Dunia 1958 yang digelar di negara sendiri.

Setelah berakhirnya era Gre-No-Li, Swedia meredup. Meski sempat merangkak naik, tapi the Blagult atau Biru Kuning tak meraih meraih trofi. Paling tinggi, Swedia menjadi semifinalis di Euro 1992 dan kemudian menduduki peringkat tiga di Piala Dunia 1994.


Swedia kemudian memunculkan Tomas Brolin, Anders Limpar dan kiper legendaris Thomas Ravelli yang tercatat paling banyak memperkuat timnas dengan 143 caps. Selanjutnya, striker Henrik Larsson dan terakhir Zlatan Ibrahimovic yang sempat mengumumkan pensiun dari timnas setelah gagal meloloskan Swedia ke Piala Dunia 2010. Namun, striker AC Milan ini batal mundur dan kembali memimpin pasukan Biru Kuning saat berlaga di kualifikasi Euro 2012.

Swedia juga mengalami perubahan setelah berakhirnya era duet pelatih Tommy Soderberg dan Lars Lagerback. Selanjutnya, Lagerback sempat sendirian menangani Swedia. Hanya, hasilnya jeblok karena dia gagal meloloskan Swedia ke PD 2010.

Posisinya digantikan Erik Hamren yang sukses di setiap klub yang ditanganinya. Hamren juga melakukan reformasi pada skuad Swedia dengan memasukkan pemain muda potensial. Meski masih mengandalkan Ibrahimovic (30), kiper Andreas Isaksson (30), Anders Svensson (35) dan bahkan bek veteran Olof Mellberg (34), namun generasi baru Swedia mulai bermunculan. Sebut saja Sebastian Larsson, Ola Toivonen dan Martin Olsson


"Saya bercermin dari kegagalan di Piala Dunia. Menurut saya, kami butuh pendekatan yang lebih segar dan baru. Dan, Erik mampu membuktikannya," kata Ibrahimovic. "Dia membawa gaya baru dalam bermain. Dia menemukan peran yang tepat bagi saya. Yang jelas, dia telah memperkenalkan era baru di timnas dibandingkan di era sebelumnya. Kami sangat gembira dengan keberhasilan lolos ke Euro," tambahnya.


Hamren memang masih bertumpu pada skema 4-4-2 yang ditinggalkan pendahulunya. Hanya, pola itu justru terkesan defensif karena secara kebetulan memiliki pemain dengan karakter bertahan yang bagus, Hakan Mild, Magnus Svensson dan Johan Mjallby. Kini, Hamren menjadikannya lebih ofensif.


Penampilan anyar Swedia memang menjanjikan di kualifikasi Euro 2012. Hanya, mereka sempat kesulitan karena bergabung dengan tim kuat Belanda. Selain itu masih ada Hongaria dan Finlandia. Meski demikian, Swedia mampu meraih tiket otomatis setelah mengalahkan Belanda 3-2 di laga pamungkas. Swedia lolos sebagai
runners-up terbaik.


Hanya, Swedia akan menghadapi pertarungan berikutnya di putaran final di Polandia/Ukraina. Swedia memang lebih sering diabaikan karena tak lebih sebagai pelengkap saja meski bermaterikan pemain yang tidak kalah berkualitas. Atau memang penantian Swedia memang tak berujung.


Berikut skuad resmi Timnas Swedia di EURO 2012:


Penjaga Gawang:
Andreas Isaksson (PSV Eindhoven), Johan Wiland (København), Pär Hansson (Helsingborgs).

Belakang: Mikael Antonsson (Bologna), Andreas Granqvist (Genoa), Olof Mellberg (Olympiacos), Jonas Olsson (West Bromwich Albion), Martin Olsson (Blackburn Rovers), Behrang Safari (Anderlecht), Mikael Lustig (Celtic).

Tengah: Emir Bajrami (Twente), Rasmus Elm (AZ Alkmaar), Samuel Holmén (Istanbul BB), Kim Källström (Olympique Lyon), Sebastian Larsson (Sunderland), Anders Svensson (Elfsborg), Pontus Wernbloom (CSKA Moskva), Christian Wilhelmsson (Al Hilal).

Depan: Johan Elmander (Galatasaray), Tobias Hysén (Göteborg), Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), Markus Rosenberg (Werder Bremen), Ola Toivonen (PSV Eindhoven).

 
Prestasi:
Piala Dunia:

Runner up (1x): tahun 1958
Peringkat ketiga (2x): tahun 1950 dan 1994
Peringkat keempat (1x): tahun 1938

EURO:
Semifinal (1x): tahun 1992

Olimmpiade:
Medali Emas (1x): tahun 1948
Medali Perunggu (2x): tahun 1924 dan 1952

 
Pelatih: Erik Hamrén
Kapten: Zlatan Ibrahimovic (AC Milan)


Ranking FIFA: peringkat 17 (dirilis Mei 2012)
Website: http://www.svenskfotboll.se
E-mail: svff@svenskfotboll.se
Rata-rata usia pemain: 29 tahun



Sumber : http://blog-unik.blogspot.com/2012/06/profil-timnas-swedia.html

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komenter disini gan mumpung masih gratis... wekekekke :D