Home » , , » Top 10 Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Top 10 Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Written By Obral Banget on Thursday, September 18, 2014 | 7:09 AM

Sistem kekebalan tubuh (imun) bekerja dengan melawan benda asing yang memasuki tubuh kita untuk menimbulkan kerusakan. Pembersihan radikal bebas dan regulasi hormon hampir sempurna untuk dilakukan apabila sistem imun tubuh kita kuat.
Hanya ada dua cara untuk meningkatkan imunitas. Yang pertama adalah dengan latihan dan yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun atau daya tahan tubuh secara alami. Mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan merupakan cara yang menakjubkan untuk tetap sehat dan jauh dari pengaruh penyakit.
Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Makanan-makanan berikut ini adalah bahan alami yang dapat meningkatkan imunitas kita sehingga membuat tubuh tetap sehat sepanjang waktu.


1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang merangsang kekebalan, yang mempromosikan aktivitas sel darah putih untuk menghancurkan virus demam dan flu. Bawang putih juga merangsang sel-sel kekebalan lainnya, yang melawan virus, jamur, dan bakteri. Bawang putih membunuh dengan efektivitas hampir 100 persen rhinovirus manusia, yang menyebabkan pilek, flu biasa, dan virus pernapasan.
Anda dapat memasaknya, kemudian taburkan di atas makanan,jatuhkan ke dalam sup atau menelan potongan-potongan bawang putih dengan air seperti pil. Anda juga dapat menjatuhkan satu siung bawang putih ke dalam madu dan menelannya segera.

2. Bawang

Bawang seperti bawang putih, selain mengandung allicin, juga mengandung quercetin, nutrisi yang memecah lendir di kepala dan dada sementara meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, kepedasan bawang meningkatkan sirkulasi darah Anda dan membuat Anda berkeringat, yang membantu selama cuaca dingin untuk membantu mencegah infeksi. Mengkonsumsi bawang mentah dalam beberapa jam dari gejala pertama dari pilek atau flu menghasilkan efek kekebalan yang kuat.
Memotong bawang ke dalam sup favorit Anda atau masakan lainnya adalah cara yang bagus untuk menikmati mereka. Juga, mungkin terdengar sedikit aneh, tapi menempatkan setengah bawang di kamar tidur Anda saat Anda tidur dapat membantu menyerap beberapa bakteri yang beredar dan berpotensi mengurangi gejala flu Anda. Jadi bukan untuk mengusir tuyul atau vampire, seperti di film-film horor ^_^

3. Jahe

Jahe mengurangi demam, menenangkan sakit tenggorokan, mendorong untuk mengeluarkan lendir dari dada. Bahan kimia anti-inflamasi seperti shagaol dan gingerol memberikan jahe tendangan pedas yang merangsang sirkulasi darah dan membuka sinus Anda. Peningkatan sirkulasi berarti lebih banyak oksigen yang sampai ke jaringan Anda untuk membantu menghilangkan racun dan virus.
Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah dan mengobati flu. Jahe juga sangat membantu untuk sakit perut, mual, dan sakit kepala.
Jika Anda merasa agak sakit-sakitan, teh jahe buatan sendiri adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda minum. Iris beberapa jahe segar, tempatkan ke dalam panci dengan air, dan didihkan. Kemudian tambah sedikit jus lemon atau cayenne, yang membuat teh anda jauh lebih efektif dan memurnikan sistem anda.

4. Cayenne

Cayenne adalah Cayenne adalah jenis buah seperti cabai yang mengandung capsicum – sumber yang kaya vitamin C dan bioflavonoid, yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam memerangi pilek dan flu. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan produksi sel darah putih, yang membersihkan sel-sel dan jaringan dari racun.
Cayenne juga penuh beta karoten dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu membangun jaringan membran mukosa sehat yang membela terhadap virus dan bakteri. Cabai cayenne pedas meningkatkan suhu tubuh Anda untuk membuat Anda berkeringat, meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda.
Ketika Anda sakit, tambahkan bubuk cayenne organik yang ada dengan air hangat dan jus lemon untuk meningkatkan kekebalan yang intens.

5. Squash (Labu)

Squash atau labu merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan karoten. Enam karotenoid (dari 600 jenis yang ditemukan di alam) yang paling sering ditemukan dalam jaringan tubuh manusia – dipasok oleh squash dan jenis labu lainnya – mengurangi risiko berbagai jenis kanker, melindungi mata dan kulit dari efek sinar ultraviolet, dan membela terhadap penyakit jantung.
Salah satunya, alpha-karoten, membantu memperlambat proses penuaan. Butternut squash (gambar) adalah sumber terkuat nutrisi ini, tetapi Anda juga dapat mencoba acorn, Hubbard, delicata, calabaza, dan labu spaghetti.

6. Kale

Seperti sayuran hijau lainnya, kale menawarkan dosis yang baik dari vitamin E. antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh ini dikenal meningkatkan produksi sel-sel B, sel-sel darah putih yang membunuh bakteri yang tidak diinginkan. Dimakan mentah dalam salad, atau ditumis, semuanya akan memberikan anda manfaat yang luarbiasa.

7. Citrus

Menambahkan sedikit jeruk untuk diet Anda dapat mencegah dan menangkis demam dan flu. Dikemas dengan vitamin C, jeruk dan grapefruits membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari para penyerbu jahat.
Cara terbaik untuk menikmati buah jeruk adalah memakannya secara keseluruhan. Jika tidak, Anda dapat membuat jus segar sendiri.

8. Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber potensial dari antioksidan yang disebut polifenol – terutama katekin. Beberapa studi telah menemukan bahwa katekin dapat menghancurkan virus influenza dan virus flu biasa.
Menghirup secangkir teh hijau ketika Anda merasa kurang sehat, benar-benar dapat membantu Anda menjadi hidup lagi. Cobalah menambahkan madu atau lemon agar nambah nendang.

9. Sup Miso

Sup Miso adalah versi nabati dari sup chicken noodle​​. Ia memiliki sifat penyembuhan yang baik dan mendorong imunitas secara luarbiasa. Sebagai makanan hidup, miso sarat dengan enzim dan bakteri yang sehat yang membantu melawan infeksi dan menjaga sel-sel Anda berkembang.
Yang Anda butuhkan adalah satu sendok teh pasta miso diaduk ke dalam cangkir atau mangkuk berisi air hangat. Minum sup ini, terutama pada tanda pertama dari pilek atau ketika Anda sedikit merasa tidak nyaman di bagian perut, sakit kepala, atau sesuatu seperti itu. Sup ini pasti nendang dan membuat Anda kembali merasa sehat.

10. Jamur

Selama berabad-abad, orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi jamur untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Peneliti kontemporer sekarang tahu mengapa. Studi menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, membuat mereka lebih agresif. Ini adalah hal yang baik bila Anda memiliki infeksi.
Jamur-jamur seperti Shiitake, maitake, chaga, dan reishi adalah jamur yang mendorong kekebalan tubuh terbesar. Para ahli merekomendasikan makan seperempat ons hingga satu ons beberapa kali sehari untuk manfaat kekebalan tubuh yang maksimal.

Sumber artikel & Gambar : terselubung.in

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komenter disini gan mumpung masih gratis... wekekekke :D

Subscribe :

Grosir Baju Anak Mulai Rp. 2.000an/pcs
Grosir Baju Anak Termurah Berkualitas! Harga Mulai Rp.2.000an/pcs

Sprei Waterproof, Anti Ompol!
Sprei Waterproof anti ompol, tidak panas, banyak motif murah dan berkualitas!

~ Ziesst Ads ~