Home » , , , , , » 10 Cara Cerdik untuk Menangkal Pilek

10 Cara Cerdik untuk Menangkal Pilek

Written By Obral Banget on Sunday, September 21, 2014 | 2:50 PM

Cuaca tak menentu seperti sekarang ini justru memudahkan virus untuk menyerang tubuh. Salah satu penyakit yang sering melanda saat peralihan musim ini adalah pilek.

Ya, walaupun hanya gejala bersin, hidung meler, hidung tersumbat, dan batuk, penyakit pilek ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penularan pilek pada seseorang berlangsung cukup cepat dan mudah. Untuk itu dibutuhkan cara tertentu agar Anda tidak mudah terserang pilek.

Berikut ini 10 cara cerdik yang dapat Anda lakukan untuk lawan pilek yang dikutip dari detikHealth , Minggu (21/9/2014)


1. Hangatkan hidung



Menurut Profesor Ron Eccles dari Common Cold Reserach Centre di Cardiff University salah satu alasan mengapa tubuh lebih mudah terserang pilek dan flu saat cuaca sedang dingin adalah karena hidung kita ikut menjadi dingin. Kondisi ini membuat daya tahun tubuh terhadap infeksi menjadi menurun. Jika Anda berada di tempat yang dingin, tutupi hidung Anda dengan menggunakan syal agar kehangatannya tetap terjaga.


2. Hindari berjabat tangan



 Studi baru dari University of Aberystwyth menunjukkan bahwa berjabat tangan justru 10-20 kali lebih mudah memindahkan kuman dari seseorang ke orang lain dibandingkan dengan sebuah sentuhan. Berjabat tangan dalam jangka waktu lama pun dapat memperbesar kesempatan seseorang tertular terserang pilek. Apalagi mereka yang berjabat tangan terlalu erat, kuman pun akan lebih banyak bertransmisi pada saat itu.

3. Cuci baju dengan air panas



  Virus flu dapat bertahan pada air cucian bersuhu 40 derajat, jadi jika salah satu anggota keluarga Anda sudah terkena pilek, cuci bajunya dengan menggunakan air panas. Jika tidak terbiasa mencuci dengan menggunakan air panas, Anda bisa menggunakan caira anti-bakteri untuk menghilangkan kuman di suhu yang lebih rendah.

4. Kurangi gula



  Studi di California's Loma Linda University menemukan bahwa saat seseorang mengonsumsi kira-kira 100 gram gula, sel imun yang disebut fagisit hanya bisa mengonsumsi sedikit bakteri dibandingkan saat normal. KOndisi ini tentu membuat sel imun tersebut jadi tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi, mengurangi asupan gula bisa memberikan sel imun Anda kesempatan untuk bekerja lebih baik.

5. Tidur selama delapan jam


Tidur kurang dari tujuh jam membuat Anda tiga kali berisiko terkena pilek dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam sekali. "Tidur yang tidak nyenyak atau kurang tidur bisa mengganggu kerja daya tahan tubuh Anda," ujar ahli kesehatan dari Yale University. 

6. Mengatur posisi duduk

 

  Sesuai penelitian dari Australian National University di Canberra, risiko dari flu bisa meningkat jika Anda duduk dengan jarak dua bangku dari orang yang terinfeksi. Jika Anda melihat seseorang bersin-bersin atau batuk, Anda bisa pindah posisi duduk Anda, hal ini sangat efektif supaya tidak tertular. Atau, Anda juga bisa membuka jendela ruangan tersebut. Peneliti menemukan, menghabiskan waktu selama 90 menit di mobil dengan orang yang sedang pilek, 99,9% akan menularkan virus tersebut ke yang lain. Namun, risiko ini bisa berkurang 20% jika Anda membuka jendela mobil.

 7. Jangan gunakan hand sanitiser

 

 Hand sanitiser yang tidak mengandung 60-80% alkohol tidaklah cukup kuat membunuh virus penyebab pilek dan flu. Bahkan, tidak akan berguna sama sekali jika tangan Anda benar-benar kotor. dr Lisa Ackerley, ahli kesehatan lingkungan dari Hygiene Audit Systems, menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun setelah Anda bepergian dari luar.

8. Cuci hidung dengan air garam



Menurut percobaan yang dilakukan oleh Pennsylvania State University, ternyata garam dapat bantu kurangi jumlah penyebaran pilek. Garam dapat membantu cegah kuman masuk lewang rongga hidung. Larutkan garam dengan air hangat. Anda bisa mencobanya dengan langsung membasuh hidung dengan air garam tersebut, atau hanya dengan menyemprotkan dengan menggunakan botol bekas parfum.

9. Olahraga secukupnya



Olahraga secukupnya dapat menstimulasi sistem imun Anda. Penelitian dari Loughborough University menemukan bahwa sekitar 90 menit olahraga berat yang Anda lakukan justru dapat meningkatkan hormon stres dan molekul anti-inflaman yang justru dapat menekan sistem imun Anda sehingga lebih rentan terserang pilek atau flu.

5. Suplemen vitamin D

Peneliti dari University of Colorado menemukan bahwa kurangnya asupan vitamin D berhubungan dengan kerja molekul pelawan bakteri yang dinamakan hCAP-18 untuk menstimulus sel imun. Jika kekurangan vitamin D, risiko terserang flu dan pilek akan ada tiga kali lebih banyak. Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin D, terutama yang mengandung D3, kandungan ini dapat dengan diserap oleh tubuh sehingga tidak mudah terserang pilek. 

Sumber Artikel : DetikHealth 
Suber Gambar/Ilustrasi :   DetikHealth 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komenter disini gan mumpung masih gratis... wekekekke :D

Subscribe :