Home » » [INFO] 5 JALAN MAUT DI DUNIA

[INFO] 5 JALAN MAUT DI DUNIA

Written By Admin on Friday, April 29, 2011 | 8:30 AM

Assalamualaikum

Selamat pagi sobat sobatku semua,Semoga pagi ini kita smua mendapat anugrah dari ALLAH SWT.amiiiinnn
Kali ini saya ingin berbagi tentang 5 jalan didunia yg terkenal dngn jalan maut.
Inilah 5 jln terkenal trsebut:

(klik 4 zoom)

1.Jln Yungas Utara


Jg dikenal sbagai jln maut mmbentang sejauh 61 sampai 69 km dari La Paz (ibukota Bolivia)ke Coroico daerah Amazon di kawasan Yungas, Bolivia. Begitu berbahayanya hngga melegenda. Pada thn 1995 Inter American Development Bank mmbabtisny sbgai “jln paling berbahaya di dunia”. Diperkirakan 200-300 orang tewas tiap tahun di jalan tersebut.
Sepanjang jalan itu banyak salib berdiri menandai banyak tempat kendaraan mngalami kecelakaan.
Di akhir 2006, stlh dibangun selama 20 tahun, sebuah jalan baru (by-pass) dari La Paz ke Coroico dibuka untuk umum. Jalan baru ini mncirikn konstruksi modern (jembatan,drainase,jalur ganda,trotoar,pagar,pengaman dan banyak elemen lain yg membuatnya jauh lbh aman dbandingkan jalan lama.
Akibatnya sekarang ini jauh lbh sedikit orang memakai jalan Yungas Utara yang lama, meski justru banyak para petualang bersepeda menikmati sensasi bahaya di sana.

2.Terowongan Guoliang di Cina


Jln di pegunungan Taihang ini dbangun oleh penduduk desa setempat. Diperlukan 5 tahun untuk menyelesaikan terowongan spanjang 1.200 meter itu, dngn tinggi kira-kira 5m dan lebar 4m. Sejumlah penduduk tewas oleh kecelakaan slama pmbuatannya; namun penduduk lainnya dengan tabah tetap melanjutkannya.
Pada tanggal 1 Mei 1977,terowongan itu dibuka untuk lalu lintas. Letaknya di provinsi Hunan,Cina.

3.Jalan Antara Arica ke Iquique di Chili


Jln antara Arica ke Iquique ini terkenal berbahayanya, melalui lembah-lembah teramat dlm dan berkelok-kelok, serta di dasar lembah nampak banyak kerangka mobil korban kecelakaan. Kadang-kadang bila anda di situ menyaksikan mobil dan melintas dngn kecepatan tinggi,anda mngkn mengira mereka dengan bodohnya mnntang maut atau mereka justru hantu yang sedang lewat. Penampakan seperti
itu dmngknkn oleh pemandangan sekitarnya yg sunyi terpencil dan berwarna membosankan. Maka bila berkendaraan di sana hrs dngn konsentrasi penuh dan menghindari mengkonsumsi bahan-bahan yg dpt mnyebabkan halusinasi.

4.Jalan Siberia ke Yakutsk


Di Rusia Jalan raya federal Rusia ini menghubungkan Moskow dengan Yakutsk di mana pernah tercatat suhu terdingin di luar Antartika.Yakutsk adlh kota terbesar yang pernah dibangun di atas tanah yang selalu beku.
Kebanyakan rmh dibangun diatas balok-balok beton karena tanahnya beku sepanjang waktu.
Apa hubungan semua itu dengan kenyataan sebagai slh satu jln plng berbahaya di dunia?
Slama musim dingin yg kira-kira 10 bln brkendaraan ke & dari Yakutsk menghadapi tantangan salju lebat,es dan penglihatan trbatas. Namun kondisi jln di musim dingin ini bagaikan piknik sj bila dbanding dngn kondisinya di bulan Juli dan Agustus ketika hujan musim panas menghantam jln tak beraspal itu membuatnya menjadi kubangan Lumpur.
Jalan trsebut tk bisa diaspal atau diperluas karena tanahnya selalu beku.Bisa sampai terjadi ribuan kemacetan lalu lintas di masa seperti itu,dan di saat-saat kemacetan seperti itu, para pengendara&pemakai jalan lainnya yg terjebak,bisa melewatkan waktu dngn mnjarah berkelahi atau menculik orang-orang yang lewat. Itulah bajak lumpur Siberia.

5.Jalan Raya Sichuan–Tibet di Cina


Sebuah jln d dataran tinggi antara Chengdu dan Tibet dimana sering terjadi tanah longsor & longsoran batu.Jalan raya trsbt mempunyai panjang 2.412km, mulai dari Chengdu,Sichuan.di sebelah timur dan berakhir di Lhasa, Tibet di sebelah barat.Jalan itu membentang melalui Ya ’an, Garze dan Chamdo, menyelusuri 14 gunung yang tingginya rata-rata 4.000-5.000mtr mnyeberangi lusinan sungai terkenal(seperti sungai Dadu,Jinsha,Lantsang, Nujiang)melintasi hutan tua dan banyak sekali bagian berbahaya. Namun dibalik itu, spnjng jln tersaji pemandangan spektakuler& jg dijumpai budaya etnis yang unik.

Akhir kata,Semoga apa yg aku sampaikan bermanfaat & dpt menambah wawasan bagi kita smua.kurang lebihnya mhn maaf yang sebesar besarnya.karena aku hanyalah manusia biasa.

Wassalamualaikum



Sumber.mygamma

1 komentar:

  1. ah jalanan di indonesia khususnya di jakarta juga berbahaya gan, banyak mobil seenaknya, terus jalanannya di jakarta juga masih banyak lubang2 yang cukup membahayakan pengendara motor ataupun mobil di jakarta

    ReplyDelete

Silahkan komenter disini gan mumpung masih gratis... wekekekke :D